Pejabat Kepala Desa Danakerta beserta perangkat desa didampingi Camat dan Forkopimca Punggelan menerima kunjungan Desa Citimbang dan Desa Windusakti Kecamatan Salem Kabupaten Brebes yang didampingi Camat Salem pada hari Sabtu (15/9). Kedatangan rombongan 2 Desa tersebut adalah untuk studi banding pengelolaan BUMDes dan tata kelola pemerintahan desa yang sudah berjalan baik di Desa Danakerta.

Kunjungan desa Citimbang dan Desa Windusakti yang terdiri dari Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, LP3M dan PKK Desa disambut dengan alunan gamelan karawitan dari siswa-siswa SMPN 3 Punggelan, yang sekolahnya tidak jauh dari Balai Desa Danakerta.

Udiyanto, Pj Kades Danakerta bersama Ikhsan Fauzi, Manager BUMDesa Dana Mekar Abadi Danakerta menjelaskan bahwa BUMdesa didirikan pada Januari 2018 dengan 3 unit usaha yakni pengelolaan lahan parkir siswa SMPN 3 Punggelan, sewa tenda kursi sound system dan perlengkapannya dan unit penyedia beras untuk e warung BPNT dan hingga sekarang berjalan lancar. Perhatian Pemdes Danakerta untuk memajukan BUMDesa sangat tinggi, dengan dikucurkan dana penyertaan modal sebesar 175 juta di tahun 2018, dan di tahun 2019 dialokasikan 150 juta rupiah.

Dalam hal tata kelola pemerintahan desa seperti disampaikan Camat Punggelan, Andri Mukti Sasongko bahwa setiap Desa di kecamatan Punggelan sudah mempunyai kebijakan pengelolaan Dana Desa yang mendukung bidang nonfisik seperti pendidikan, kesehatan dan sosial. Misalnya sejak tahun 2018 semua desa sudah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan Posbindu Kit, bantuan rumah tidak layak huni dan jamban sehat minimal 10 unit, bantuan Posyandu melalui pengadaaan pemberian makanan tambahan termasuk Desa Danakerta. Bahkan beberapa desa yang lain sudah menganggarkan bantuan lansia dan beasiswa siswa miskin bersumber dari surplus UPK. Untuk Desa Danakerta sendiri sudah baik dalam penggunaan internet dalam pembangunan desanya, dengan telah dimilikinya web desa, dan juga aktif di sosial media menginformasikan program-program pembangunan kepada masyarakat desanya.

Pada sesi diskusi berlangsung hangat dan menarik karena banyak peserta studi banding yang menanyakan mengenai BUMDesa dan asset desa. Dalam kesempatan tersebut Camat Salem, Nur Ari Haris menyampaikan terimakasih atas sambutan yang hangat dan kesempatan untuk dapat belajar hal-hal yang baik dari Desa Danakerta termasuk adanya web desa yang belum dimiliki Desa-desa di wilayah Kecamatan Salem.

Acara diakhiri dengan tukar menukar cendera mata dari kedua belah pihak dan foto bersama.